28 Februari 2009

Irwandi Tunggu Pinangan PA

Rakyat Aceh - Sabtu, 28 Februari 2009

BANDA ACEH-Gubernur Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, Irwandi Yusuf, terpilih sebagai Gubernur Aceh pada Pilkada 2006 lalu dari jalur independen. Ia merupakan mantan Senior Representative GAM (TNA) untuk Misi Pemantau Aceh (AMM).

Namun hingga kini, Irwandi belum memastikan akan berkampanye untuk salah satu partai politik lokal di Aceh pada pemilu legislatif 2009. Termasuk bagi Partai Aceh (PA) yang merupakan parpol lokal bentukan Gerakan Aceh Merdeka (GAM).

Meskipun dari jalur independen dan tanpa diusung partai manapun, Irwandi mengaku mempunyai hubungan secara moral kepada PA. "Kalaupun saya kampanye untuk PA, saya harus cuti dari jabatan gubernur dan tidak akan menggunakan fasilitas negara untuk kampanye," ujar Irwandi kepada wartawan di ruang kerjanya, Jumat (27/2).

Irwandi mengharapkan, pelaksanaan pemilu di Aceh berjalan lancar dan tidak mengganggu proses perdamaian pascapenandatanganan nota kesepahaman (MoU) damai Helsinki 15 Agustus 2005.

Saat dikonfirmasi via telepon, terkait pernyataan Gubernur ini, Adnan Beuransyah, Juru Bicara DPP PA, menyatakan akan terus mencoba mendaftarkan Irwandi Yusuf berkampanye dengan PA. "Saya akan berusaha untuk mendaftarkan beliau (Gubernur Irwandi Yusuf, red) untuk berkampanye. Mungkin tiga hari jelang Pemilu akan didaftar," ungkapnya.

Adnan juga mengatakan, kalau Irwandi sudah menyatakan kesediaannya untuk bergabung dengan PA untuk Pemilu 2009 yang akan digelar pada 9 April 2009 mendatang.
PA merupakan salah satu dari enam parpol lokal yang menjadi peserta pemilu legislatif 2009 di Aceh.

Selain harus bertarung memperebutkan kursi dewan dengan enam partai politik lokal, juga bersaing dengan 38 partai nasional.(slm/mel)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar